JAVA GUI
Graphic User Interface (GUI) merupakan aplikasi pada java yang berbasis grafik. GUI memberikan hasil dari program tampak menarik , nyaman, serta mudah digunakan oleh para user.
Pada Java ada dua kelas yang disediakan untuk GUI, yaitu :
1. AWT (Abstract Windowing Toolkit)
AWT terdapat pada package java.awt yang berisi komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt : Button, Label, Frame, Panel dan Dialog.
2. SWT (Standart Widget Toolkit)
SWT terdapat pada package java.swt. Package java.swt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehigga mengakibatkan dependensi sistem. Namun peforma dari SWT hamper sama dengan Swing.
3. Swing
Terdapat pada package javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi. Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu: JFrame, JDialog, JOption, JLabel.
Kasus: ObjekGUI
import javax.swing.*;
class GUI extends JFrame {
JLabel lNama = new JLabel ("Nama Lengkap:");
final JTextField fNama =
new JTextField(10);
JLabel lNim = new JLabel ("NIM:");
final JTextField fNim =
new JTextField(10);
JButton bTNSave =
new JButton ("OK");
JButton bTNCancle =
new JButton ("Cancel");
public GUI(String judul) {
setTitle (judul);
setSize(350,200);
setLayout (null);
add(lNama);
add(fNama);
add(lNim);
add(fNim);
add(bTNSave);
add(bTNCancle );
lNama.setBounds (10,10,120,20);
fNama.setBounds (130,10,150,20);
lNim.setBounds (10,30,140,40);
fNim.setBounds (130,40,150,20);
bTNSave.setBounds (50,130,60,20);
bTNCancle.setBounds (130,130,80,20);
setVisible(true);
}
}
class ObjekGUI {
public static void main (String [] args) {
GUI G = new GUI("Tugas GUI I");
}
}